Rabu, 14 Agustus 2019

Manfaat Gadget



Pada zaman dahulu, pelajar tidak memiliki kemudahan dalam mengakses internet karena dulu komputer saja masih sangat jarang. Sehingga para pelajar hanya mengandalkan guru dan buku saja. Tetapi pada saat ini, semua berubah dengan berkembangnya teknologi.
Banyak pelajar yang mulai menggunakan gadget disekolah mereka, seperti HP Android, laptop, tablet, dll, karena memang tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kehadirannya sangat membantu dan bermanfaat bagi mereka, salah satunya dalam proses pembelajaran.
Adapun manfaat adanya gadget bagi kalangan pelajar antara lain:
  1. Membantu Pelajar Dalam Mengerjakan Tugas.
    Dengan fasilitas yang ada dalam gadget, para pelajar dapat dengan mudah mencari referensi atau bahkan bisa mencari informasi untuk tugas-tugas mereka sehingga mempercepat proses dalam pengerjaan tugas.
  2. Memudahkan Komunikasi.
    Gadget dapat melakukan komunikasi jarak jauh tanpa bersusah-susah menulis surat seperti komunikasi zaman daulu sebelum terciptanya alat-alat yang memudahkan kita dalam berkomunikasi. Selain itu jika pelajar mempunyai tugas yang kurang dipahami bisa langsung bertanya ke teman atau guru dengan cepat melalui gadget. Adanya sosial media seperti facebook, twitter, email, blog, BBM, whatshap, dll, membuat anak muda zaman sekarang lebih mudah mencari teman dari berbagai daerah yang jauh sekalipun.
  3. Sebagai Media Refresing.
    Dengan gadget yang dimiliki, pelajar dapat menjadikanya sebagai sarana refresing sekaligus hiburan ketika mereka lelah dan jenuh setelah menyelesaikan tugas-tugas mereka. Seperti bermain game, bersosial media dan lain-lain.
  4. Mengakses Informasi.
    Informasi menjadi sangat penting bagi setiap pelajar, oleh karena itu dengan adanya gadget dapat lebih mudah membuka berbagai situs untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Selain itu pelajar tidak akan ketinggalan informasi dan berita-berita aktual yang sedang booming dibicarakan.
  5. Eksistensi Diri.
    Bagi para pelajar yang memiliki kemampuan menulis, mereka dapat membuat cerita atau menulis tentang pengalaman mereka di media sosial sehingga dapat menyalurkan kemampuan yang mereka miliki. Sehingga karya tersebut dapat dibaca dan diketahui banyak orang. Tidak menutup kemungkinan mereka bisa menjadi salah satu inspirator yang diakui dunia melalui tulisan mereka.
Mungkin itulah sedikit manfaat gadget bagi pelajar, terlepas dari baik atau buruk pemanfaatan gadget sendiri kembali kepada pengawasan orang tua, pengajar, dan diri sendiri dalam menggunakan gadget. Pelajar yang baik adalah pengguna gadget yang baik.

4 komentar: